BlogoooBlug: Pembahasan Mengenai Strix Seloputo (Spotted Wood Owl)

Bisnis Online 2019

Saturday, November 17, 2018

Pembahasan Mengenai Strix Seloputo (Spotted Wood Owl)

Pembahasan Tentang Burung Hantu Strix Seloputo (Spotted Wood Owl)


Assalammu’allaikum wr.wb kembali lagi kita berjumpa di blog tentang mengenal karakter hewan ini atau Trainning My Pet’s, dan dihalaman kali ini kita masih membahas tentang burung hantu tetapi berbeda jenisnya, jenis burung hantu yg akan kita bahas kali ini adalah burung hantu dengan jenis strix seloputo atau spotted wood owl
Deskripsi: Disk wajah adalah oranye-buff. Mata berwarna coklat gelap, tagihan berwarna abu-abu kehijauan, dan hitam kehijauan. Kepala coklat-coklat dengan bulu-bulu yang memiliki dasar emas dan bintik-bintik putih dengan tepi hitam yang menjadi berbentuk bar di tengkuk. Bagian atas secara keseluruhan berwarna coklat-cokelat, sangat bercak dengan bintik-bintik putih bermata hitam. Mantel, punggung dan uppertail-coverts lebih pucat coklat-coklat, dengan bar putih dan bintik-bintik putih. Jaringan luar skapulir berwarna putih atau kasar dengan garis-garis hitam dan tepi kehitaman. Para pendahulunya adalah kecoklatan, yang luar memiliki batangan sempit yang tidak lengkap di jaring luar.
Dagu adalah buff, dengan bercak putih besar di tenggorokan. Sisa dari bagian bawah adalah buff, dilarang hitam dan putih, band-band putih menjadi lebih luas.
Paha dan Tarsi berbulu putih, dicuci dengan buff dan dilarang dengan hitam. Jari-jari kaki berbulu, dan berwarna zaitun gelap, dengan cakar berwarna tanduk.
Ukuran: Panjang 44-48cm. Panjang sayap 297-376mm. Panjang ekor 175-198mm. Berat 1011g (satu laki-laki). Perempuan lebih besar dari laki-laki.
Kebiasaan: The Spotted Wood Owl adalah burung nokturnal, menjadi aktif saat senja. Mereka bisa sangat vokal saat ini, dan juga ketika kembali saat fajar. Bertengger di siang hari, sering berpasangan, dekat dengan batang di pohon-pohon tinggi yang ditumbuhi tinggi atau kumpulan pohon
Prburuan & Makanan: Makanan terutama pada tikus dan tikus, burung kecil dan serangga besar. Pelet bersifat longgar dan ellipsoid, sekitar 3,5 x 2 cm.
Breeding: Breeding season adalah dari Januari hingga Agustus. Breeds di lubang pohon atau di cabang terbuka, kadang-kadang di atas paku sarang Burung, sering tinggi di pohon tinggi. Biasanya 2, tapi terkadang 3 telur diletakkan. Mereka oval, putih murni dan rata-rata sekitar 49 x 42 mm. Telur diletakkan di kayu atau serpihan daun.
Habitat: Hutan yang ditebangi sebagian, hutan sekunder hijau sepanjang tahun, tepi hutan, perkebunan dan taman di permukiman manusia. Mencari HMT secara bebas di negara terbuka dan semi terbuka, kebun dan taman, serta di antara rumah-rumah di daerah dengan banyak taman. Juga mendiami daerah terpencil yang tak berpenghuni seperti hutan rawa dan hutan bakau dekat pantai. Mulai dari permukaan laut hingga sekitar 1000m.
Distribusi: Burma Selatan, Thailand, Kamboja, Vietnam Selatan dan Semenanjung Malaya, Sumatra Tengah, secara terputus ke Jawa, Pulau Bawean di lepas pantai utara Jawa, Kepulauan Calamian dan Palawan, Filipina Barat
Contoh Gambar Strix Seloputo (Spotted Wood Owl) :
 

No comments:

Post a Comment